Rebana Hadroh

Rebana Hadroh  

Aneka Rebana

    Dari banyaknya produsen rebana diindonesia tentu persaingan produk serta harga akan semakin banyak, beberapa pengrajin rebana yang ada di jawa tengah sendiri seperti bumiayu, demak, jepara, kudus, dan lain-lain, atau yang di jawa timur seperti gresik dan lainnya, juga dijawa barat sukabumi.

     Persaingan produk dan harga semakin ketat, dengan bersaing mulai dari rebana murah, rebana berkualitas, sampai ke servisnya. Tentu disini akan menguntungkan para calon pembeli, karena akan mempunyai banyak pilihan rebana yang berkualitas, dari kami sendiri lebih memprioritaskan kualitas ketimbanf harga yang murah, karena menurut kami kualitaslah yang akan membawa produk tersebut terbang tinggi (terkenal) sedangkan persoalan harga pasti akan mengikuti.

    Beberapa produk unggulan kami seperti Hadroh, Qosidah, dan Marawis mempunyai karakter masing-masing, jika dipadukan dengan keunggulan kayu yang bagus akan bertambah sempurna sound out yang dihasilkan.

Aneka Rebana

Rebana Hadroh

    Salah satunya Hadroh kayu nagka, kayu nangka sudah semakin susah didapat, tak heran jika harga rebana kayu nagka melambung tinggi, keunggulan dari kayu nangka pada rebana hadroh yaitu suara yang dihasilkan jernih, sedikit soft tapi tetap lantang pada dry nya.

      Didukung dengan bobot yang tebilang cukup, menjamin kokohnya body pada tekanan head/ kulit saat dimainkan. Tidak hanya dengan suara yang gagah dan bobot yang ideal namun texture pada kayu nangka sangat apik, dengan warna khasnya yang kekuningan serta corak pada serat kayu nangka ini seakan menghipnotis para pemburu rebana. 

Rebana Hadroh

Rebana Qosidah

      Tidak kalah dengan rebana hadroh, rebana jenis ini kebanyak diminati oleh kaum wanita, tetapi tidak sedikit juga diminati oleh kaum pria. Kalau saya tidak salah, dulu rebana qosidah hanya beranggotakan 9 orang yaitu dengan komposisi keprak 3 cello 1 bass I 1 bass II 1 dan bass III 1 serta tambourine (krecek) 2 dan vocal 1, sedangkan untuk backing vocal oleh seluruh personil.

      
    Namun perkembangan seni qosidah terbilang sangat pesat, kebanyakan saat ini untuk 1 grup bisa sampai 11 bahkan 15 personil. Tentu kami pun tidak bisa duduk santai begitu saja dengan perkembangan seni qosidah ini, beberapa fitur motif dan suara sangat sensitif untuk alat rebana qosidah ini, terbukti dari beberapa permintaan jumlah alat sampai permintaan motif dan corak juga suara yang sudah nge-set sangat dominan pada alat musik qosidah ini.

    Beberapa motif atau corak seperti rebana qosidah motif cat marmer, motif ukir, motif sparkle dan motif gradiasi itu banyak sekali permintaannya, dari segi jumlah alat demikian, dari mulai ukuran keprak, ukuran cello sampai ukuran 3 bass seakan tertata dengan rapih, salah satu contoh: keprak harus mulai dari diameter 20-21cm, cello diameter 25-27cm dan bass I diameter 30-31, bass II diameter 35-36, bass diamter 38-40.  

   Alat musik seni qosidah ini tidak hanya diminati dikota-kota besar, sudah sangat banyak juga diminati dikota-kota kecil sampai pelosok desa. Karena tidak memakan biaya yang mahal juga untuk tali silaturahmi antar tetangga semakin solid dengan adanya aktifitas seni ini, bahkan sudah banyak yang mengkomersilkan kesenian ini dengan undangan pentas untuk acara-acara tertentu.

   
Rebana Qosidah

   Eitss.. tunggu dulu seni rebana qosidah ini sudah banyak komunitasnya lhoo, salah satunya ya itu tadi dengan adanya Lasqi yang kepanjangan dari Lembaga Seni Qosidah Indonesia persaingan antar grup lasqi semakin ketat, banyaknya event-event bergengsi yang banyak diadakan oleh panitita-panitia handal dan direkomendasikan oleh Lasqi sangat memicu semangatnya para personil grup-grup qosidah se-Indonesia.

Marawis

    Kalau denger musik marawis menurut saya sangat identik diwaktu acara kemenangan atau kegembiraan yang disyukuri atas rahmat dan kasih sayangnya oleh sang pencipta kita Alloh S.W.T. Karena jenis alat musik seni marawis ini sangat ceria dipukulan-pikulan alat dan lantunan lagunya, padahal lagu tersebut berisi tendang suasana yang sedih namun pembawaan musik dan lagunya dilantun dengan ceria.

    Ya! Alat musik seni marawis kompisisinya terbilang banyak, yaitu: keprak 6, tumbuk pinggang 1, tumbuk batu 1, hajir 1, dan cymbal serta tambourine, ada juga yang memakai dengan keprak 8 sampai 12.

Marawis

    Rumus-rumus untuk pukulan pada alat musik seni marawis ini lumayan rumit lho, jika tidak sungguh-sungguh memperhatikan pelatih tentu akan lama sampai bisanya. perkembangan harga marawis tentu diikuti dengan perkembangan kualitasnya, ada beberapa dari para produsen marawis membandrol dengan harga dibawah 2 jutaan namun ada juga yang dimulai dari harga 2.5jt keatas. Kualitasnya pun sangat beragam, ada yang menjual dengan kualitas asal jadi (sangat sedih melihatnya) dan ada juga yang kualitas tinggi, yaitu dengan proses yang cukup lama untuk menghasilkan sebuah produk unggulan.

    Anda tidak perlu khawatir jika ingin memiliki alat seni marawis yang bagus yang seperti apa? tentu jangan asal harga murah!. Saya kasih saran, biasanya untuk alat marawis yang berkualitas bagus itu harga nya dimulai dari 2.5jt keatas! buukan 2.5 jt kebawah, dan pilihlahlah keprak yang setelannya kenceng, itu nanti sangat berpengaruh jika dimainkan secra bersama, juga pilihlah kayu yang mulus atau kayu yang utuh (anda minta fotokan body yang masih utuh atau belum kena cat).

   Sementara sampai didini dulu pencerahan singkat tentang alat musik seni rebana dari kami, semoga dapat membantu anda-anda semua (calon pembeli alat musik rebana), dan tidak ada dusta diantara kita.. hehehee.. salam cerdas, salam ikhlas, tetap ingat pada sang pencipta (saling mengingatkan) dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Untuk info dan pemesanan, silahkan hubungi kami langsung di link ini: telp/WA 0838 9449 6611
Salam kami

Rebana Bumiayu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rebana Hadroh "

Featured Post

Produsen rebana

Review Produsen Rebana Beberapa bulan lalu banyaknya permintaan rebana untuk pengadaan barang tender maupun non tender, kami memproduksi ...